S I A

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

shape image

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 



P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Pengenalan program P5 diberikan melalui workshop dengan nara sumber Bapak Kuncoro, Kepala SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember. Kegian workshop dilaksana 29 Agustus 2022.


1. Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah Projek Lintas Disiplin ilmu yang konteksflial dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan

2. Dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut ; Beriman, berlakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak rnulia ; Berkebinekaan glohal; Bergotong-royong; Mandiri ; Bemalar kritis; dan Kreatif

3. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adatah : Gaya Hidup Berkelanjutan: Kearitiln lokal; Bhinneka Tunggal ika; Bangunlah Jiwa dan Raganya ; Suara Dernokrasi; Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI; Kewirausahaan.

4. Manfaat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

a) Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partis ipasi dan keterlibatan masyarakat.

b) Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pernbelajaran yang berkontribrisi kepada lingkungan dan kornunitas di sekitarnya.

c) Mernberi ruang dan waktu untuk pesefia didik mengembangkan kornpetensi dan rnemperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

d) Merencanakan proses pernbelajaran projek protil dengan tujuan akhir yang jelas.

e) Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk herkolahorasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelaj aran.

a) Memberi ruang dan wakfu untuk peserta didik rnengembangkan kornpetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

kegiatan aktualisasi tema kebekerjaan dengan topik public speaking






Jl. dr.Soebandi No. 99 Patrang - Jember
SMK dr.Soebandi